Portal Home > Knowledgebase > Hosting > Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel


Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel




Masih ingat dengan GIT? GIT adalah salah satu jenis Versions Control System (VCS) yang dapat mencatat setiap perubahan dari project yang sedang dikerjakan. GIT ini bersifat open source dan dapat digunakan secara gratis. Dengan hadirnya GIT, pekerjaan developer semakin mudah. Kamu dapat mengubah versi dari project secara otomatis tanpa harus melakukan penyimpanan manual, melakukan duplikasi project, serta melakukan penyimpanan project secara bertahap. Nah, sekarang ini di cPanel Hosting viacomm hadir fitur baru yaitu GIT Version Control. Jadi buat kamu yang suka bermain GIT dan malas untuk melakukan akses SSH, kamu dimudahkan dengan menu baru dari cPanel Hosting. Pada panduan ini kamu bisa mengikuti cara menggunakan GIT Version Control di cPanel.

Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel

Adapun cara menggunakan GIT Version Control di cPanel adalah,

Pada panduan kali ini akan dilakukan remote dari komputer lokal ke hosting. Misalnya kamu memiliki script di komputer, kemudian kamu ingin menjadikan hosting sebagai remote repository seperti layaknya Github atau Bitbucket. Kamu harus melakukan perintah PUSH agar script yang kamu ubah dapat terintegrasi dari komputer yang di lokal ke hosting. Jadi, kamu dapat melakukan perubahan script di di komputer/ laptop lalu melakukan sinkronisasi ke hosting.

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel.

2. Memilih GIT Version

Setelah masuk ke cPanel Hosting, silahkan tulis “git” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu GIT Version Control. Silahkan klik menu tersebut.

3. Membuat Repositori

Tunggu sebentar hingga diarahkan ke halaman Git Version Control. Silahkan klik Create.

Pada bagian Repository Path, silakan tulis path/ letak repositori di cPanel Hosting yang kamu mau. Kemudian pada bagian Repository Name silakan tulis nama repositorinya. Jika sudah, silakan klik Create.

 

4. Melakukan Duplikasi Project ke Hosting

Silakan tunggu sebentar maka akan ada panduan perintah push yang dapat kamu lakukan. Kamu hanya perlu copy beberapa perintah tersebut di terminal/ konsol yang ada di komputer.

Jika kamu sudah memiliki project, silakan masuk ke project tersebut dengan perintah:

cd /path/to/your/repo


Was this answer helpful?

Add to Favourites Add to Favourites    Print this Article Print this Article